Budidaya Ikan Lele

Posted: 24 November 2010 in Tak Berkategori
Tag:,

Ikan Lele adalah satu jenis ikan yang hidup di air tawar ikan, kita dapat dengan mudah mengenali ikan yang satu ini, ikan yang termasuk dalam marga Clarias ini dapat kita kenali dengan bentuk tubuh yang licin memanjang serta sungut yang ada didibagian mulutnya, dan tidak memiliki sisik pada tubuhnya. Ikan lele memiliki bagian kepala yang keras ikan lele memiliki kemampuan untuk bergerak didalam air yang gelap ini dikarenakan ikan lele mempunyai 4 sungut yang dapat berfungsi sebagai peraba, ini mejadikan ikan lele sebagai, lele juga mempunya tambahan alat pernafasan yang biasa kita kenal dengan patil yakni duri tulang yang berada pada sirip dadanya.

ikan-lele-2
Jenis
Klasifikasi ikan lele adalah sebagai berikut :
Kingdom : Animalia
Sub-kingdom : Metazoa
Phyllum : Chordata
Sub-phyllum : Vertebrata
Klas : Pisces
Sub-klas : Teleostei
Ordo : Ostariophysi
Sub-ordo : Siluroidea
Familia : Clariidae
Genus : Clarias
Bangsa luar negeri menyebut ikan lele dengan sebutan catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Ada berbagai macam jenis ikan lele yang tersebar di dunia, untuk di Indonesia sendiri diantaranya adalah :

  1. Clarias batrachus, dikenal sebagai ikan lele (Jawa), ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Sumatera Utara), dan ikan pintet (Kalimantan Selatan).
  2. Clarias teysmani, dikenal sebagai lele Kembang (Jawa Barat), Kalang putih (Padang).
  3. Clarias melanoderma, yang dikenal sebagai ikan duri (Sumatera Selatan), wais (Jawa Tengah), wiru (Jawa Barat).
  4. Clarias nieuhofi, yang dikenal sebagai ikan lindi (Jawa), limbat (Sumatera Barat), kaleh (Kalimantan Selatan).
  5. Clarias loiacanthus, yang dikenal sebagai ikan keli (Sumatera Barat), ikan penang (Kalimantan Timur).
  6. Clarias gariepinus, yang dikenal sebagai lele Dumbo (Lele Domba), King cat fish,

berasal dari Afrika.
Habitat ikan lele adalah disungai yang airnya bergerak perlahan, rawa, telaga dan sawah yang tergenang, kelebihan lele untuk habitatnya adalah ikan ini mampu bertahan hidup dan berkembang ditempat yang tercemar seperti got atau selokan, hewan ini termasuk dalam hewan nokturnal yaitu pada siang hari ikan lele lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berdiam diri dan berlindung ditempat-tempat yang gelap dan baru aktif bergerak pada malam hari untuk mencari makanan.
Ikan lele sangat populer dalam kalangan petani budidaya ikan karena permintaan yang cukup banyak terhadap ikan ini, permintaan ini didukung karena ikan lele memiliki manfaat :

  • Sebagai bahan makanan
  • Ikan lele sebagai ikan pajangan atau ikan hias.
  • Ikan lele yang dipelihara di sawah dapat bermanfaat untuk memberantas hama padi berupa serangga air, karena merupakan salah satu makananalami ikan lele.
  • Ikan lele juga dapat diramu dengan berbagai bahan obat lain untuk mengobati penyakit asma, menstruasi (datang bulan) tidak teratur, hidung berdarah, kencing darah dan lain-lain.
  • Nilai gizi ikan lele termasuk tinggi dan baik untuk kesehatan karena tergolong makanan dengan kandungan lemak yang relatif rendah dan mineral yang relatif tinggi.
  • Selain kaya zat gizi, lele juga membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak.

Dengan manfaat yang ada menjadikan ikan lele ikan yang memiliki nilai jual yang cukup diminati, namun pada umumnya budidaya yang dilakukan adalah untuk pemenuhan ikan lele sebagai bahan makanan,  sehingga demikian ikan air tawar yang satu ini menjadi populer dikalangan petani untuk dibudidayakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s